BI Wujudkan Wisata Kota Tua Tunjungan

BI Wujudkan Wisata Kota Tua Tunjungan Launching Tunjungan Romansa. (ist).

SURABAYA-kanalsembian.net

"Rek ayo rek, mlaku-mlaku nang Tunjugan, Rek ayo rame-rame bebarengan," cuplikan lagu alm. Mus Muliadi yang menceritakana Jalan Tunjungan tempo dulu. Apa yang dinyanyikan itu, oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jatim diwujudkan dengan Tunjungan Romansa.

Keinginan menjadikan Jalan Tunjungan sebagai kawasan wisata, pernah di uji coba ketika H Sunarto Sumoprawiro menjadi Wali Kota Surabaya. Namun keinginan Cak Narto panggilan akrbanya, belum biasa terwujud. Belum dikukung oleh instansi lainnya.

Ketika Dr Ir Jamhadi, MBA menjadi ketua Kadin Surabaya, juga pernah mengajukan konsep menjadikan Jalan Tunjungan mejadi kawasan wisata.Konsep itu sudah disampaikan kepada pihak terkait, namun tidak direspon oleh penguasa saat itu.

Sampai akhirnya BI bersama Pemkot Surabaya melaunching Tunjungan Romansa pada Minggu (21/11/2021). Meski tidak tiap hari jalan itu ditutup untuk Tunjungan Romansa, namun sudah ada keinginan untuk menjadikan Jalan Tunjungan sebagai destinasi waisata di Surabaya, yaitu wisata Kota Tua.

Entah siapa yang memulai Tunjungan Romansa. Namun keingan itu disambut semua pihak, semua elemen warga Surabaya, dan instansi pemerintah dilingkungan Pemkot Surabaya.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto, selain menjadi kawasan destinasi wisata kota tua. Jalan Tunjungan dianggap memiliki potensi besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Jawa Timur, khususnya Surabaya.

“Kawasan Tunjungan ini adalah kawasan ekonomi. Harapannya, bisa menjadi ikon destinasi wisata seni dan budaya heritage. Serta kawasan ekonomi yang mendukung untuk ekonomi UMKM,” ujarnya, Minggu (21/11/2021).

“Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat In syaa Allah kami beserta Pak Wali Kota terus mendukung dan berkolaborasi, untuk memajukan kawasan Jalan Tunjungan ini,” ungkapnya.

Dukungan yang diberikan oleh Bank Indonesia Jawa Timur yaitu diimplementasikan dengan membangun gerai UMKM. Hingga infrastruktur pendukung untuk destinasi wisata.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku bersyukur. Sebab, kini setiap malam kawasan akan menyajikan berbagail macam suguhan kuliner dari para pelaku UMKM Surabaya. Lengkap dengan suguhan hiburan seni dan budaya.

“Alhamdulillah, mulai malam ini, Jalan Tunjungan akan ada tampilan seni budaya dan kuliner. Dengan ini, kita bisa menikmati suasana Tunjungan Romansa,” ujar Eri, usai peresmian Tunjungan Romansa.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia, yang telah mendukung Pemkot Surabaya menghidupkan kembali kawasan Jalan Tunjungan. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Kepala KPw BI Jatim Budi Hanoto, menandatangani berita acara peresmian Tunjungan Romansa.(za).