TopKarir Virtual Jobfest 2021 Dibuka Dengan Konsep 3G dari Menparekraf Republik Indonesia

TopKarir Virtual Jobfest 2021 Dibuka Dengan Konsep 3G dari Menparekraf Republik Indonesia

JAKARTA-kanaalsembilan.

TopKarir Indonesia kembali menghadirkan Job Fair bertajuk TopKarir Virtual Jobfest 2021 yang berlangsung selama 2 hari di tanggal 4 - 5 Agustus 2021. Acara ini dapat diakses melalui platform Zoom dan Youtube TopKarir Indonesia.

TopKarir Virtual Jobfest tahun ini dibuka dengan sambutan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. dan beberapa expert di berbagai bidang yang akan mempersiapkan peserta dalam menghadapi dunia kerja profesional.

Melalui sambutan dari CEO TopKarir Indonesia,  Bayu Janitra Wirjoatmodjo menjelaskan generasi muda harus bisa melihat peluang dan menggaungkan optimisme untuk terus bergerak dan berkontribusi aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan (agent of change) dalam segala aspek kehidupan salah satunya pembangunan.

“Perpaduan kreativitas, inovasi, skill digital, serta adaptasi penting dimiliki sebagai senjata menjadi talenta muda terbaik dan unggul. Karena industri membutuhkan tenaga kerja muda yang siap bergelut dengan teknologi dan mampu menyesuaikan diri dengan kondisi yang sangat dinamis belakangan ini” jelas Bayu.

Di akhir sambutannya Bayu berharap acara TopKarir Virtual Jobfest dapat membawa dampak positif bagi anak muda dan seterusnya akan dilaksanakan secara kontinyu untuk menjangkau anak muda di berbagai wilayah, membuka wawasan, memperluas keterampilan, punya kompetensi yang unggul, dapat beradaptasi, mengetahui perkembangan industri, memiliki daya saing, serta siap berkontribusi dalam pembangunan menuju Indonesia yang lebih sejahtera. 

Sambutan kedua disampaikan Sandiaga Uno yang menekankan pentingnya pengembangan keterampilan melalui upskilling dan reskilling sehingga bisa beradaptasi, mampu bertahan, dan melihat peluang.

“Kami memiliki konsep 3G, Gercep: gerak cepat, Geber: gerak bersama, Gaspol: garap semua potensi untuk lapangan kerja dengan bingkai inovasi, adaptasi, dan kolaborasi” papar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno berbagi fakta bahwa ada migrasi dari sektor pariwisata ke sektor-sektor di bawah ekonomi kreatif, seperti subsektor kuliner menyumbang hampir 9,5 juta lapangan kerja, subsektor fashion 4,4 juta, dan handicraft/kriya sekitar 4 juta.

Musik dan film mengalami transformasi penurunan lapangan kerja hampir 50%, subsektor TV & Radio juga mengalami penurunan akibat digitalisasi sebesar 38%. Sedangkan subsektor aplikasi, gaming, dan arsitektur mengalami kenaikan jumlah lapangan kerja.

Upah pekerja tertinggi ada di subsektor konsultasi manajemen, periklanan, dan komunikasi visual. Sedangkan subsektor kuliner masih menghadapi tantangan.

“Perkembangan industri kreativitas kita tampak optimis, berdasarkan data OPUS Ekonomi Kreatif tahun 2020 sudah di posisi 3 dunia, di bawah Amerika dan Korea Selatan, dengan sumbangsih 1,1 triliun terhadap PDB” tambah Sandiaga Uno.

Di akhir sambutannya Sandiaga berpesan kepada TopKarir maupun para pemangku kepentingan lain agar berperan aktif dalam pemulihan ekonomi Indonesia, khususnya pariwisata dan ekonomi kreatif, serta melalui semangat kolaborasi mampu memanfaatkan potensi generasi milenial untuk mencapai Indonesia emas di 2045.

Rangkaian acara TopKarir Virtual Jobfest selanjutnya diisi dengan webinar inspiratif oleh pakar profesional, games, dan wall of career yang menampilkan lowongan kerja eksklusif dari berbagai perusahaan di Indonesia.

Di hari kedua besok 5 Agustus 2021, TopKarir Virtual Jobfest masih berlanjut dengan menghadirkan pakar profesional yang tak kalah menarik untuk membekali wawasan dan skill peserta agar lebih siap menghadapi peluang serta kompetisi kerja. Tak ketinggalan puluhan lowongan kerja eksklusif juga akan ditampilkan di sesi wall of career.

Pendaftaran peserta masih dibuka melalui link bit.ly/VirtualJobFest2021secara gratis. (za).