MASJID KLENTENG SALATIGA: Masjid Yang Mau Dirobohkan, Siapa Penolongnya

MASJID KLENTENG SALATIGA: Masjid Yang Mau Dirobohkan, Siapa Penolongnya Foto: Ilustrasi.

Bagi warga Salatiga, nama masjid Klenteng sudah tidak asing lagi. Letaknya yang berada di jalur utama Jalan Abiyoso desa Dukuh, kota Salatiga membuat masjid ini sering dilewati orang. Terutama yang hendak keluar menuju Jalan Lingkar.
 
Tapi, nasib masjid ini sekarang berada di ujung tanduk. Kecuali nanti ada yang menyelamatkannya. Maka masjid akan tetap berdiri tegak tanpa takut akan dirobohkan. Dan satu-satunya masjid unik atau masjid "cagar budaya" di Salatiga akan hilang dari peradaban.
 
Mulanya masjid ini adalah milik pribadi. Seorang tionghoa yang menjadi mualaf. Meski belum diikuti oleh keluarganya yang lain. Tapi, menjadi Islam sudah menjadi ketetapan hatinya. Kenyamanan yang didapatkannya.
 
Saat beliau masih hidup, masjid ini juga menjadi aktivitas warga untuk beribadah. Dan itu artinya tidak ada masalah.
 
Masalah baru muncul ketika beliau meninggal dunia. Yang artinya segala asetnya harus jatuh ke ahli warisnya. Secara hukum memang harus begitu. Termasuk tanah seluas 1600 meter yang menjadi tempat didirikannya masjid klenteng itu.
 
Tanah harus dijual. Hasilnya menjadi hak ahli waris. Problemnya ada masjid di atas tanah itu. Berarti masjid harus dirobohkan oleh pemilik barunya jika tanah dibeli.
 
Beruntung ada warga yang tergerak menyelamatkan ini masjid. Ada Pak Agus dan Suhu Ardhian Denka yang mengajak berembug. Hasilnya, tanpa pikir panjang kesimpulannya 
masjid harus diselamatkan. 
 
Lahan yang di atasnya masjid itu dipatok harga 3 milyar. Terkumpullah uang Rp 1,7 milyar. Itu kemudian diserahkan kepada ahli waris sebagai DP dan sisanya minta waktu sampe Desember nanti.
 
Terus sisa pembayaran yang Rp 1,3 milyar bagaimana? Itulah problem selanjutnya. "Kita punya niat baik menyelamatkan agama Allah dan tempat ibadah itu. Sekarang belum tahu bagaimana cara melunasinya. Tapi kita yakin pasti nanti ada jalan. Ada pertolongan. Entah dari mana," jelas Ardhian tandas.
 
Kalau ada yg mau datang langsung berkunjung ke Masjid Klenteng atau mendapatkan informasi lebih detail tentang kondisi masjid Klenteng bisa kontak dengan #Pak Ardhian 0857 2733 3555 yang sekaligus salah satu pencetus gerakan penyelamatan masjid ini.
 
............................
Rekening donasi
Bank #BRI SALATIGA 0081.01000850.56.4 
AN MASJID KLENTENG
 
Nah, sekarang adakah yang punya ide bagaimana caranya membantu membebaskan masjid Klenteng dari anncaman terobohkan? Agar tidak bernasib seperti cerita sebuah cerpen: Robohnya Surau Kami! 
 
Semoga ada yang bisa memberi solusi yang solutip!!! 
 
#Silahkan #dishare...
(gwa).