Manfaat Durian bagi Kesehatan

Manfaat Durian bagi Kesehatan Durian yang memang enak.(istimewa).

Masih banyak yang beranggapan bahwa durian adalah buah yang tidak bersahabat dengan kesehatan. Makan durian adalah berbahaya karena bisa menyebabkan beragam penyakit.

Bahaya durian yang sering ditakuti adalah kandungan alkoholnya serta sifat panasnya di lambung. Durian juga dianggap memiliki kandungan purin dan gula yang sangat tinggi.

Namun, sejatinya durian memiliki manfaat yang cukup mengejutkan. Selain rasa yang nikmat, manfaat buah yang satu ini cukup banyak. Adapun manfaat mengonsumsi durian dalam takaran wajar justru akan membuat tubuh menjadi makin sehat.

  1. Kaya Nutrisi

Durian memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. beberapa kandungan di dalamnya yang sangat diperlukan tubuh antara lain vitamin B, C dan E.  Selain itu, durian juga mengandung zinc, cuprum, mangan, natrium, magnesium, kalsium, kalium dan fosfat.

  1. Sumber Antioksidan

Tak salah memang jika durian disebut sebagai raja buah. pasalnya, durian dapat diandalkan sebagai sumber antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Tak hanya mengandung satu jenis antioksidan, durian mengandung 3 jenis antioksidan sekaligus, yakni fenol, flavonoid dan karetonoid.

  1. Menjaga Kadar Lemak

Tak banyak yang tahu jika durian memiliki sifat antilipidemik., yakni mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu dalam daging buah durian juga terdapat lemak jenis N-3 yang mampu mencegah penumpukan kolesterol dalam darah.

  1. Nol Kolesterol

Fakta durian yang satu ini sering disalahpahami. Banyak yang beranggapan jika durian tinggi kolesterol. Namun, pada nyatanya buah berbau tajam ini justru tak memiliki kandungan kolesterol sama sekali.

  1. Mengurangi Risiko PCOS

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan masalah kesuburan pada wanita yang sering disebabkan oleh resistensi insulin.

Buah durian disebut-sebut bisa memperbaiki metabolisme glukosa dan lemak sehingga dapat mengurangi risiko PCOS.

Meski ada banyak khasiat durian bagi kesehatan, bukan berarti anda bisa mengkonsumsinya tanpa batas. Hal ini dikarenakan durian tinggi kalori dan gula yang dapat memicu kenaikan gula darah, hipertensi dan penyakit jantung.

Selain membatasi konsumsi durian, anda juga mengimbangi mengkonsumsi beragam jenis buah lainnya. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan nutrisi yang beragam agar asupan gizi yang didapat seimbang. Namun, ingat untuk selalu perhatikan kualitas buah yang anda konsumsi agar mendapatkan gizi yang optimal.

Dan juga ada beberapa tips tradisional setelah mencicipi durian.

  1. Jangan Minum Minuman Jenis Soda setelah Makan Durian

Dari kebanyakan pecinta durian setelah makan durian akan mengalami sakit perut, karena durian mengandung zat yang hampir sama dengan soda. Setelah makan durian jika diselingi dengan minum soda maka perut tidak bisa menerima langsung jenis zat yang sama dengan soda. Sebaiknya hindari minuman yang bersoda.

  1. Makan Buah Segar setelah Makan Durian

Memakan buah segar setelah makan durian akan menghilangkan rasa enek di perut.  Selain itu kesegaran buah juga memberikan penetral rasa bagi aroma durian. Seperti buah manggis dan pepaya salah satunya.

  1. Menghilangkan Bau Mulut setelah Makan Durian
    Untuk menghilangkan bau mulut setelah makan durian gunakanlah lundang (cekungan buah durian) atau sisa kuliat durian bagian dalam. Tuangkan air secukupnya di dalam lundang tersebut dan berkumurlah dengan air tersebut. Jika masih kurang disarankan untuk meminum air lundang secukupnya. Hal ini bisa menghilangkan bau durian di mulut setelah mencicipi durian.

Selain makan buah segar juga bisa dengan memakan makanan jenis kerupuk. Hal ini dapat menghilangkan bau mulut karena bercampur dengan makanan berminyak.

  1. Menghilangkan Bau Durian di Tangan

Hampir sama dengan menghilangkan bau mulut, menghilangkan bau durian di tangan juga bisa dilakukan dengan mencuci tangan dari air lundang yang dituang secukupnya. Hal ini karena dalam lundang durian bagian dalam terdapat zat yang bisa menghilangkan bau durian itu sendiri sebagai zat penetralisir.

  1. Hindari Memakan Durian Secara Berlebihan
    Hal ini memungkinkan penikmat durian akan jatuh sakit. karena buah durian mengandung zat panas yang bisa menghangatkan badan, namun konsumsi berlebihan dapat mengundang penyakit. (hajinews.id).