ITS Sebarkan Wawasan Global melalui CommTECH Online Spring Edition

ITS Sebarkan Wawasan Global melalui CommTECH Online Spring Edition Peserta webinar CommTECH. (humas).

Reporter: Raisa Zahra Fadila

SURABAYA-kanalsembilan.net

Membuka kesempatan bagi mahasiswa, akademisi, maupun profesional dari seluruh dunia untuk perluas wawasan mengenai isu global, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui Direktorat Kemitraan Global (DKG) kembali gelar Community and Technological (CommTECH) Online 2021 Spring Edition yang akan berlangsung selama dua tahap pada 15-26 Februari dan 1-12 Maret.

Program Manager CommTECH Muh Wahyu Islami PM ST memaparkan, kegiatan tahunan yang telah berlangsung sejak 2012 ini juga merupakan sebuah wadah untuk meningkatkan reputasi dan keunggulan ITS dalam bidang teknologi di kancah internasional. “Ini merupakan kali ke-16 ITS melaksanakan program CommTech,” ungkapnya.

Berhasil menjaring total 67 peserta dari Filipina, Jerman, Malaysia, Singapura, Turki, dan Vietnam yang terdiri dari kalangan mahasiswa maupun dosen, CommTECH Online Spring Edition ini akan dilaksanakan dalam dua sesi kegiatan yang masing-masing akan berlangsung selama 11 hari.

Mengusung jargon Memecahkan Masalah Lokal dengan Pengetahuan Global, CommTECH Online 2021 Spring Edition memberi pengalaman tersendiri kepada para peserta untuk belajar, berdiskusi, dan berbagi ide guna mengatasi masalah baik itu masalah lokal di Indonesia maupun masalah lokal pada negara asal masing-masing peserta.

Memfasilitasi hal tersebut, CommTECH menyediakan empat pilihan materi yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama yang berlangsung mulai 15 Februari lalu memuat submateri yang berjudul Internet of Things (IoT) for Smart City Applications during the Pandemic dan juga submateri Sustainability Infrastructure in Developing Countries.

Sedangkan untuk sesi kedua yang akan berlangsung mulai Maret mendatang akan memuat submateri berjudul Social Entrepreneurship in Action dan submateri User Design Experience for a Hybrid Learning. “Semua kegiatan tetap akan dilaksanakan secara daring mengingat situasi pandemi yang sedang berlangsung,” ujar lelaki yang akrab dipanggil Wahyu tersebut mengingatkan.

Selain edukasi materi, para peserta juga akan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan interaktif di luar kegiatan akademik seperti tur kampus virtual, tur kota virtual, belajar tari tradisional Indonesia, pengenalan bela diri silat, makanan Indonesia dan juga batik. Tentunya semuanya dilaksanakan secara virtual.

Mengusung pengalaman yang sedikit berbeda dari tahun lalu lantaran berlangsung secara daring, pelaksanaan CommTECH tahun ini tetap mempertahankan sesi project engagement serta community engagement yang berisikan sesi diskusi bersama masyarakat pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). “Contohnya, belanja dan berbagi bersama UMKM dari sentra shopping MERR Surabaya,” imbuh Wahyu.

Melalui program ini, karyawan asal Baubau, Sulawesi Tenggara ini berharap ITS tetap dapat mengobarkan semangat internasionalisasi sekaligus menjalin hubungan baik dengan universitas lain dari seluruh dunia meskipun di tengah masa pandemi “Semoga program ini juga dapat memberi dampak positif bagi ITS, Surabaya, dan Indonesia,” tutupnya. (za).