Golkar Surabaya Latih Saksi, Kawal Suara Machfud-Mujiaman

Golkar Surabaya Latih Saksi, Kawal Suara Machfud-Mujiaman Ketua BSN partai Golkat Jatim Hery Sugiono saat menghadiri TOT BSN Golkar Surabaya, Jumat (20/11/2020) di Wyndham hotel Surabaya

SURABAYA, kanalsembilan.net -DPD II Partai Golkar Kota Surabaya mematangkan para saksi melalui training of trainer (TOT) Badan Saksi Nasional (BSN) di Hotel Wyndam Surabaya, Jumat (20/11/2020).

Pelatihan saksi dengan tema "Jaga Suara, Jaga Pemilih, Jaga TPS, menangkan Pilkada 2020" Ini diharapkan bisa mengamankan suara pasangan calon Machfud Arifin-Mujiaman dalam erhelatan pemilihan walikota Surabaya pada 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua Badan Saksi Nasional Partai Golkar Surabaya, Drs. Fatchur Rohman mengatakan, pelatihan ini diikuti oleh 93 peserta, utusan 31 Pimpinan Kecamatan Partai Golkar kota Surabaya. 

Menurutnya, sebelum diterjunkan ke TPS, Para saksi perlu dibekali berbagai aturan sehingga pada saat tugas di TPS sudah tahu apa yang harus dikerjakan. Ibarat perang, para saksi ini adalah pasukan khusus.

Setelah mengikuti pelatihan ini, mereka yang lolos akan bertugas menjadi trainer dalam TOT yang dilaksanakan di kecamatan masing masing maupun kelurahan. Setelah itu diterjunkan di TPS.

“Targetnya, setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) Golkar punya dua saksi yakni saksi dalam dan saksi luar, " Ujarnya. 

Saksi ini sangat penting dalam usaha mencapai kemenangan di Pilwali surabaya khususnya kemenangan Paslon nomer urut 2 Machfud Arifin - Mudjiaman. Saksi saksi ini diharapkan sangat militan, tangguh dalam menghadapi proses pemungutan suara di tiap tiap TPS. Termasuk juga mensosialisasikan figur Paslon nomer urut 2, kebesaran partai golkar, dan sekaligus juga mengenalkan figur ketua umum Partai Golkar Ir. Airlangga Hartarto di lingkungan setiap TPS dimana para saksi bertugas.

Dalam pelatihan ini ada beberapa pembahasan yang diberikan kepada para saksi, mulai dari syarat dan kewajiban saksi, tata cara pemungutan dan penghitungan suara di TPS, rekapitulasi suara di PPK, pidana pemilu dan PHP, simulasi isian formulir model C-KWK, dan medsos dalam politik. Jib