4 Benda yang Berasal dari Surga

4 Benda yang Berasal dari Surga

 Surga juga menjadi tempat yang dirindukan oleh hampir semua orang setelah kematiannya. Surga merupakan tempat paling indah setelah kehidupan umat manusia di dunia. Bahkan, umat manusia sedang berlomba-lomba untuk menuju ke Surga dengan melakukan amalan-amalan baik dalam Islam.

Tidak disangka, ternyata terdapat beberapa benda yang berasal dari Surga yang terdapat di bumi manusia.

Dikutip dari Ringtimes Bali dan Jamaah Nurul Qolbi, terdapat beberapa benda dari surga yang terdapat di bumi.

1. Hajar Aswad

Hajar aswad sangat familiar bagi umat Islam. Batu hitam yang berada di salah satu sisi Ka’bah ini dipercaya berasal dari surga. Hajar Aswad dibawa langsung oleh Malaikat Jibril dan diserahkan kepada Nabi Ismail A.S dan Nabi Ibrahim A.S sewaktu membangun ka’bah. Dahulu kala batu ini memiliki sinar yang terang dan dapat menerangi seluruh jazirah Arab. Namun, semakin lama sinarnya semakin redup dan hingga akhirnya sekarang berwarna hitam. Hal tersebut terjadi karena ulah manusia. Meski begitu, batu tersebut tetap mengeluarkan aroma unik alami yang sangat wangi apabila orang menciumnya.

Terdapat hadits shahih yang menjelaskan bahwa batu tersebut berasal dari surga.Aswad turun dari surga, batu tersebut begitu putih, lebih putih daripada susu. Dosa manusialah yang membuat batu tersebut menjadi hitam” HR. Tirmidzi, 877.

2. Kayu Gaharu

Kayu gaharu juga dipercaya menjadi salah satu benda yang berasal dari surga. Kayu gaharu ini bisa ditemukan di berbagai wilayah di Indonesi seperti Merauke Papua, Borneo Kalimantan, Sulawesi, dan di sebagian Pulau Sumatra. Allah memuliakan pohon tersebut dengan menebarkan aroma yang sangat wangi.

Kebenaran yang menunjukkan bahwa kayu gaharu adalah pohon dari surga berasal dari kisah Adam dan Hawa. Diriwayatkan, setelah Adam dan Hawa memakan buah dari pohon tersebut, maka keduanya menjadi telanjang. Lalu keduanya berkeliling mendekati pepohonan yang ada di Surga untuk membuat penutup aurat dengan daun-daunnya. Menurut sebuah riwayat, benda yang menutupi aurat Nabi Adam ketika itu adalah kayu ‘ud (kayu gaharu berbau wangi).

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulallah SAW pernah bersabda:

“golongan penghuni surga yang pertama kali masuk surga adalah berbentuk rupa bulan pada malam bulan purnama (sampai ucapan beliau), Nyala perdupaan mereka adalah gaharu. Imam Abul Yaman berkata, maksudnya adalah kayu gaharu,” (HR. Bukhari).

3. Pohon Tin

Pohon tin juga merupakan salah satu tanaman yang berada di Surga. Dikisahkan saat pakaian Nabi Adam dan Hawa terlepas semuanya. Kemudian keduanya mendekati pohon-pohon yang ada di Surga untuk diambil daunnya sebagai penutup aurat. Namun, semua pohon malah menjauh, kecuali pohon Tin yang pada saat itu merasa iba kepada Nabi Adam dan Hawa sehingga mereka mengambil beberapa daun dari pohon Tin untuk menutupi auratnya.Allah SWT memberikan kelebihan pada pohon Tin berupa buah yang sangat manis tanpa berbiji.

4. Batu maqam Nabi Ibrahim

Batu tersebut terletak di sisi Kabah. Dahulunya batu tersebut menjadi pijakan Nabi Ibrahim ketika membangun Ka’bah. Ketika Nabi Ibrahim perlu meletakkan batu-batuan dan tanah pada tempat yang tinggi dari Ka’bah, maka Nabi Ibrahim a.s hanya cukup berdiri di atas batu maqam tersebut. Sehingga batu tersebut mengangkat Nabi Ibrahim ke atas dan ketika selesai maka batu itupun turun dengan sendirinya ke bawah. Allah SWT menurunkan batu tersebut dari surga agar membantu Nabi Ibrahim a.s dalam menyelesaikan pembangunan Ka’bah. Pada batu tersebut pun masih tampak jelas bekas kedua telapak kaki Nabi Ibrahim a.s. Dahulunya, batu tersebut memancarkan cahaya putih seperti Hajar Aswad, namun Allah telah memadamkan cahayanya.

Itulah beberapa benda yang berasal dari Surga yang terdapat di Bumi.

(hajinews.id).